WAWANCARA
Narasumber : Tatang Tarsono
Pekerjaan :
Pegawai Kantor POS
MENGENAL KANTOR POS
Kami
dari murid SMA Negeri 1 Kuningan akan mewawancara seorang pegawai kantor POS
yang bekerja di Kantor POS Kuningan, bernama Bapak Tatang Tarsono.
Penanya : “Assalamualaikum Wr.Wb”
Narasumber : “Wa’alaikumsalam Wr. Wb”
Penanya : “Maaf sebelumnya, kami ingin
mewawancarai bapak seputar kantor POS dan ingin lebih mengetahui tentang
kegiatan bapak dikantor POS. Apakah bapak bisa menjelaskan sedikit tentang
kantor pos ini?”
Narasumber : “Insya Allah
bisa, sebenarnya kantor POS itu adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang
bergerak dibidang jasa kurir, lalu lintas berita berupa surat ataupun paket,
uang dan barang yang berupa wesel maupun giro.”
Penanya : “Sebenarnya
bapak sudah berapa lama bekerja di kantor POS?”
Narasumber : “Saya bekerja di kantor
POS sudah 24 tahun, dari tahun 1987 sampai sekarang.”
Penanya : “Sejak 24 tahun
bapak bekerja, apakah bapak bekerja hanya di kantor POS Kuningan saja atau bekerja
di kota lain pun pernah?”
Narasumber : “Saya bekerja
tidak hanya di kantor POS Kuningan saja, tetapi dulu saya pernah di tempatkan
di tiga kota (Sukabumi, Majalengka, dan Kuningan) namun di tiga kota tersebut
saya ditempatkan di kantor-kantor cabangnya, dan sering berpindah-pindah
tempat. Namun sekarang saya ditetapkan di
kantor POS Kuningan ini.”
Penanya : “Sudah berapa
lamakah bapak bekerja di kantor POS Kuningan?”
Narasumber : “Sekitar 3 tahun
lebih, dan saya bekerja di sini sejak tanggal 20 November 2010.”
Penanya : “Menurut bapak
apakah ada perbedaan antara bekerja
di kantor POS Kuningan dengan kantor POS yang pernah bapak singgahi?”
Narasumber : “Untuk perbedaan
tidak ada, semuanya sama. Karena memang bekerja dikantor POS itu memang seperti
ini saja tidak ada bedanya.”
Penanya : “Apa saja
bagian-bagian yang ada di kantor POS?”
Narasumber : “Untuk di kantor
POS kuningan ini bagian-bagiannya ada :
1. Kepala
Unit Ritel (Kepala Kantor POS)
2. Plonleiner
(pelayanan) yang tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik.
3. Sporting
(back office/kantor belakang) yang tugasnya sebagai pendukung.
4. SDM tugasnya
mengatur karyawan
5. PKC yang
tugasnya mengawasi kantor cabang, membuat laporan, membuat pembukuan, dan
menyajikan data ke akutansi.
6. Keuangan
tugasnya mengatur keuangan.
7. Operasional
yaitu menjalankan operasi pelayanan.
8. Akuntansi.
9. Pengantar.
Penanya : “Bapak bekerja dibagian apa?”
Narasumber : “Saya bekerja dibagian akuntansi”
Penanya : “Tugas akuntansi itu apa saja?”
Narasumber : “Hanya dua, yaitu
1.
Membukukan
semua transaksi yang terjadi atau yang ada,
2.
Mengendalikan
anggaran.
Bagian akuntansi sebagai filter terakhir yang
ditugaskan kepada seseorang yang memiliki skill atau kemampuan yang lebih dan
menguasai di segala bidang. Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa bekerja
dibagian akuntansi.
Penanya : “Untuk Kantor Pos Cabang yang ada di Kuningan itu sendiri ada dimana
saja?”
Narasumber : “KPC Subang, KPC
Salajambe, KPC Darma, KPC Kadugede, KPC Ciawi, KPC Cidahu, KPC Luragung, KPC Jakasana,
KPC Ciniru, KPC Cibingbin, KPC Lebakwangi, KPC Garawangi, KPC Ciwaru, KPC Cilimus,
KPC Mandirancan, KPC Kramatmulya.
Penanya : “Zaman sudah
berganti dengan teknologi, apakah masih banyak orang yang menggunakan jasa kantor
POS?”
Narasumber : “Ya, masih banyak
bahkan lebih banyak. Karena dahulu yang dilayani itu hanya bisa bergerak
dibidang jasa, lintas berita, uang dan barang jasa. Tetapi sekarang ini kantor
POS bisa melayani SOPP (Sistem Online Paiment Point) yaitu semacam angsuran
motor seperti ADIRA, FIF, OTTO, BAF, dan lain-lain. Selain itu juga kalau
dahulu itu untuk menabung menggunakan Tabanas (tabungan nasional). Tetapi
sekarang menggunakan tabungan Batara (tabungan negara). Jadi dulu manual dan
sekarang sudah e-batara, oleh sebab itu masih banyak orang yang menggunakan
jasa kantor POS. Adik-adik disini bisa menabung di kantor POS juga”
Penanya : “Oh iya pak, pada
saat moment apa saja kantor pos banyak dikunjungi orang-orang?”
Narasumber : “Saat pembayaran pensiunan ataupun BLSM yang sekarang baru selesai dihadapi, kantor POS pasti dipenuhi
dengan pelayanan.”
Penanya : “Barang apa saja yang bisa dikirim lewat kantor pos?”
Narasumber : “Semua barang bisa, kecuali barang cair, barang pecah,
barang mudah terbakar seperti korek api juga tidak boleh, barang yang terlarang
dan binatang hidup.”
Penanya : “Mengapa pengiriman hewan tidak diizinkan oleh pihak
kantor POS?”
Narasumber : “Karena
membahayakan si hewan tersebut bisa saja mati diperjalanan, apalagi hewan
berbisa ditakutkan akan membahayakan pengirim selain itu juga misalnya apabila
ada yang mengirimkan burung cendrawasih pasti akan dianggap penyelundupan hewan
karena hewan tersebut dilindungi pemerintah nanti malah pihak kami yang
disalahkan.”
Penanya : “Apakah ada
keluhan dari para pengunjung/ pengguna jasa apabila barang telat datang?”
Narasumber : “Pasti ada karena
WTKP (waktu tempuh) yang sudah ditentukan, tetapi diupayakan kantor pos untuk
bisa tepat waktu walaupun kadang-kadang ada kendala. Kantor pos juga sekarang untuk pengiriman uang bias dikirim
dengan cepat
menggunakan elektronik kecuali pengiriman barang. Dalam pengiriman uang ini satu
menit pun jadi.”
Penanya : “Apa kendala atau penyebab dalam pengiriman barang
tersebut?”
Narasumber : “Diantaranya ban mobil atau ban motor bocor dan
terjadinya longsor saat dalam perjalanan.”
Penanya : “Pembayaran apa saja yang bisa dilakukan di kantor POS?”
Narasumber : “Pembayaran listrik, PDAM, pembayaran cicilan motor atau
mobil, memesan tiket pesawat dan kereta api juga bisa atau tiket PELNI (pelayaran
niaga) dll.”
Penanya : “Kantor POS itu biasanya
bekerja sama dengan apa saja misalnya seperti BLSM? Dan dengar-dengar bekerjasama dengan TKI juga, untuk itu bagaiman
sistemnya?”
Narasumber : “Yang jelas kantor POS Indonesia bekerjasama dengan pihak
Bank ataupun Mitra Dagang (leasing). Untuk BLSM itu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Departemen Sosial.
Untuk TKI sebenarnya bukan bekerjasama sama dengan kantor pos, tetapi disini
pihak kantor POS hanya sebagai penyalur saja seperti uang dan barang bukan
hanya TKI saja semua orang pun bisa.”
Penanya : “Untuk dihari-hari besar, apakah masih banyak orang yang mengirimkan kartu
ucapan via kantor POS?”
Narasumber : “Tentu masih banyak yang mengirimkan kartu ucapan pada hari-hari besar seperti Idul Adha, Idul Fitri, Natal, dan lain sebagainya. Karena masih
banyak dibutuhkan.”
Penanya : “Bagaimana sistem keuangan pendapatan kantor POS?”
Narasumber : “Untuk sistem keuangan,
uang akan berputar jadi untuk yang ke kantor POS pusatnya itu hanya berupa
angka tetapi ada juga sebagian dikirim kesana, sehingga kantor pusatlah yang
mengatur perputaran uang tersebut.”
Penanya : “Bapak mulai bekerja dari pukul berapa sampai pukul
berapa?”
Narasumber : “Sebenarnya idealnya dalam satu hari itu 8 jam, tetapi
saya bekerja tidak menentu, kadang sampai larut malam kalau memang pekerjaan
itu belum selesai.”
Penanya : “Bagaimana harapan bapak untuk jadi pegawai tetap kantor
pos?”
Narasumber : “Hanya untuk mensejahterakan keluarga saja.”
Penanya : “Apa suka duka bapak pada saat menjalani pekerja
tersebut?”
Narasumber : “Banyak, sukanya bisa bekerja sama dengan rekan kerja atau teman,
juga bisa menjalani kebersamaan dengan mereka. Dukanya saat pembayaran
pensiunan kadang-kadang suka mengalami selisih tapi untuk bidang akuntansi nya
meskipun ada selisih masih bisa diatasi, serta pulang itu selalu larut malam.”
Penanya : “Terimakasih
bapak atas waktu dan jawaban-jawaban dari pertanyaan kami, kurang lebihnya mohon
maaf.”
Narasumber : “Iya sama-sama. Mudah-mudahan
jawaban bapak bisa menambah ilmu pengetahuan kalian meskipun
tidak sepenuhnya.”
Penanya : “Iya Amin pak. Behubung semua pertanyaan sudah kami berikan dan bapak sudah menjawabnya kami mohon untuk pamit pak.”
Narasumber : “Oh iya silahkan, dan maaf pelayanan kami
disini hanya seperti ini adanya.”
Penanya : “Iya pak tidak apa-apa dan maaf kami
telah
merepotkan bapak juga.”
Narasumber : “Tidak apa-apa.”
Penanya : “Kami pamit dulu pak.
Assalamu’alaikumWr. Wb.”
Butuh
alternatif ? Kantor POS saja !
Apakah
anda salah satu pengguna jasa kantor pos? Jika iya maka anda tahu bagaimana
suasana dikantor pos itu. Dan apakah selama ini anda tahu sistem dikantor pos
seperti apa? Mungkin selama ini anda belum tahu sistem yang sebenarnya berlaku
di kantor POS. Ya, Banyak orang mengira bahwa pengguna jasa kantor POS saat ini
sangat kurang sekali, untuk mengetahui kebenarannya pada tanggal 22 Oktober
2013 kami mewawancarai seorang pegawai kantor POS dibidang akuntansi yang
bernama Bapak Tatang Tarsono.
Menurutnya,
kantor POS itu sendiri adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak
dibidang jasa kurir, lalu lintas berita berupa surat ataupun paket, uang dan
barang yang berupa wesel maupun giro. Bapak Tatang sendiri sudah 24 tahun
bekerja di Kantor POS dari tahun 1987 sampai sekarang ini.
Selama 24 tahun ini, Bapak Tatang
sudah bekerja di beberapa kota yaitu di Sukabumi, Majalengka, dan Kuningan.
Karena ini adalah tugas maka ditempatkan di kantor-kantor cabang dari kota tadi
yang membuatnya sering berpindah-pindah. Semenjak tanggal 20 November 2010
sampai sekarang ini Bapak Tatang ditempatkan di Kantor POS Kuningan, sehingga
baru sekitar 3 tahun bekerja di Kuningan. Dari kantor-kantor POS yang pernah
disinggahinya tidak ada perbedaan bekerja di kantor POS manapun, semuanya
dianggap sama.
Di kantor POS terdapat bagian-bagian
pekerjaan masing-masing seperti:
1. Kepala Unit Ritel (Kepala Kantor POS)
2. Plonleiner (pelayanan) yang tugasnya memberikan
pelayanan yang terbaik.
3. Sporting (back office/kantor belakang) yang tugasnya
sebagai pendukung.
4. SDM
tugasnya mengatur karyawan
5. PKC yang
tugasnya mengawasi kantor cabang, membuat laporan, membuat pembukuan, dan
menyajikan data ke akutansi.
6. Keuangan tugasnya mengatur keuangan.
7. Operasional yaitu menjalankan operasi pelayanan.
8. Akuntansi.
9. Pengantar.
Bapak
Tatang bekerja di bagian akuntansi yang memiliki tugas yaitu sebenarnya hanya 2
tugas, sebagai berikut; membukukan semua transaksi yang terjadi atau yang ada
dan mengendalikan anggaran. bagian akuntansi sebagai filter terakhir yang
ditugaskan kepada seseorang yang memiliki skill atau kemampuan yang lebih dan
menguasai di segala bidang. Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa bekerja
dibagian akuntansi. Kantor pos kuningan memiliki banyak cabang seperti KPC
subang, KPC salajambe, KPC darma, KPC kadugede, KPC ciawi,KPC cidahu, KPC
luragung, KPC jakasana, KPC Ciniru, KPC cibingbin,KPC lebakwangi, KPC
garawangi, KPC ciwaru, KPC cilimus, KPCmandirancan, KPC kramat mulya. Meskipun
zaman sudah beganti tapi pengguna kantor pos tetap banyak bahkan semakin banyak
karena sekarang kantor pos tidak hanya melayani pengiriman barang ata surat
tapi juga sebagai tempat pembayaran listrik atau yang lainnya yang membuat para
pengguna jasa semakin banyak. Pada moment seperti pembagian BLSM dan pensiunan
kantor pos banyak dikunjungi dan pihak kantor pos memberikan pelayanan yang
terbaik.
Barang-barang yang bisa dikirim lewat
kantor pos sebenarnya semua barang bisa, kecuali barang cair, barang pecah,
barang mudah terbakar seperti korek api juga tidak boleh, barang yang terlarang
dan binatang hidup, karena binatang hidup takut membahayakan si hewan tersebut
apalagi hewan berbisa ditakutkan akan membahayakan pengirim selain itu juga
misalnya apabila ada yang mengirimkan burung cendrawasih pasti akan dianggap
penyelundupan hewan karena hewan tersebut dilindungi pemerintah. Selain itu
biasanya keluhan dari para pengguna adalah telatnya barang dikirim karena
adanya kendala seperti kebocoran ban, longsor dan sebagainya saat pengiriman
yang menyebabkan pengiriman terlambat datang.
Dengan berubahnya zaman pengguna kantor
POS sekarang ini lebih banyak. Karena dahulu yang dilayani itu hanya bisa
bergerak dibidang jasa, lintas berita, uang dan barang jasa. Tetapi sekarang
ini kantor POS bisa melayani SOPP (Sistem Online Paiment Point) yaitu semacam
angsuran motor seperti ADIRA, FIF, OTTO, BAF, dan lain-lain. Selain itu juga
kalau dahulu itu untuk menabung menggunakan Tabanas (tabungan nasional). Tetapi
sekarang menggunakan tabungan Batara (tabungan negara). Jadi dulu manual dan
sekarang sudah e-batara, oleh sebab itu masih banyak orang yang menggunakan
jasa kantor POS.
Kantor POS ramai dikunjungi saat
pembayaran pensiunan ataupun BLSM, dan ketika hari-hari besar untuk mengirimkan
kartu ucapan. Kantor POS juga menyediakan beberapa pelayanan pembayaran seperti
pembayaran listrik, PDAM, pembayaran cicilan motor atau mobil, memesan tiket
pesawat dan kereta api atau tiket PELNI (pelayaran niaga) dll.
Ada beberapa instansi yang bekerjasama
dengan Kantor
POS diantaranya dengan pihak Bank
ataupun Mitra Dagang
(leasing). Untuk BLSM itu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Departemen Sosial. Ada yang perlu diluruskan bahwa untuk TKI atau
WNI sebenarnya bukan bekerjasama dengan kantor pos, tetapi disini pihak kantor
POS hanya sebagai penyalur saja seperti uang dan barang.
Untuk sistem keuangan, kantor pusatlah
yang mengaturnya. Kantor daerah hanya mengirimkan data berupa angka dan
sebagaian uang ke kantor pusat, sedangkan beberapa uang lainnya disimpan di
kantor POS daerah.
Jadi, apakah anda tertarik untuk
menggunakan layanan kantor POS ? ya, sepertinya memang kantor POS bisa menjadi
alternatif untuk pembayaran, pembelian, dan pengiriman sesuai dengan ketentuan
yang berlaku di kantor POS.
Ini apa gak ngerti gua
BalasHapus