Minggu, 10 November 2013

Mengenal Kantor POS



WAWANCARA
Narasumber                : Tatang Tarsono
Pekerjaan                    : Pegawai Kantor POS

MENGENAL KANTOR POS
            Kami dari murid SMA Negeri 1 Kuningan akan mewawancara seorang pegawai kantor POS yang bekerja di Kantor POS Kuningan, bernama Bapak Tatang Tarsono.
Penanya          : “Assalamualaikum Wr.Wb”
Narasumber    : “Wa’alaikumsalam Wr. Wb”
Penanya          : “Maaf sebelumnya, kami ingin mewawancarai bapak seputar kantor POS dan ingin lebih mengetahui tentang kegiatan bapak dikantor POS. Apakah bapak bisa menjelaskan sedikit tentang kantor pos ini?”
Narasumber    : “Insya Allah bisa, sebenarnya kantor POS itu adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dibidang jasa kurir, lalu lintas berita berupa surat ataupun paket, uang dan barang yang berupa wesel maupun giro.”
Penanya          : “Sebenarnya bapak sudah berapa lama bekerja di kantor POS?”
Narasumber    : “Saya bekerja di kantor POS sudah 24 tahun, dari tahun 1987 sampai sekarang.”
Penanya          : “Sejak 24 tahun bapak bekerja, apakah bapak bekerja hanya di kantor POS Kuningan saja atau bekerja di kota lain pun pernah?”
Narasumber    : “Saya bekerja tidak hanya di kantor POS Kuningan saja, tetapi dulu saya pernah di tempatkan di tiga kota (Sukabumi, Majalengka, dan Kuningan) namun di tiga kota tersebut saya ditempatkan di kantor-kantor cabangnya, dan sering berpindah-pindah tempat. Namun sekarang saya ditetapkan di kantor POS Kuningan ini.
Penanya          : “Sudah berapa lamakah bapak bekerja di kantor POS Kuningan?”
Narasumber    : “Sekitar 3 tahun lebih, dan saya bekerja di sini sejak tanggal 20 November 2010.”
Penanya          : “Menurut bapak apakah ada perbedaan antara bekerja di kantor POS Kuningan dengan kantor POS yang pernah bapak singgahi?”
Narasumber    : “Untuk perbedaan tidak ada, semuanya sama. Karena memang bekerja dikantor POS itu memang seperti ini saja tidak ada bedanya.”
Penanya          : “Apa saja bagian-bagian yang ada di kantor POS?”
Narasumber    : “Untuk di kantor POS kuningan ini bagian-bagiannya ada :
1.  Kepala Unit Ritel (Kepala Kantor POS)
2.  Plonleiner (pelayanan) yang tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik.
3.  Sporting (back office/kantor belakang) yang tugasnya sebagai pendukung.
4.  SDM tugasnya mengatur karyawan
5.  PKC yang tugasnya mengawasi kantor cabang, membuat laporan, membuat pembukuan, dan menyajikan data ke akutansi.
6.  Keuangan tugasnya mengatur keuangan.
7.  Operasional yaitu menjalankan operasi pelayanan.
8.  Akuntansi.
9.  Pengantar.
Penanya          : “Bapak bekerja dibagian apa?”
Narasumber    : “Saya bekerja dibagian akuntansi”
Penanya          : “Tugas akuntansi itu apa saja?”
Narasumber    : “Hanya dua, yaitu
1.    Membukukan semua transaksi yang terjadi atau yang ada,
2.    Mengendalikan anggaran.
Bagian akuntansi sebagai filter terakhir yang ditugaskan kepada seseorang yang memiliki skill atau kemampuan yang lebih dan menguasai di segala bidang. Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa bekerja dibagian akuntansi.
Penanya          : “Untuk Kantor Pos Cabang yang ada di Kuningan itu sendiri ada dimana saja?”
Narasumber    : “KPC Subang, KPC Salajambe, KPC Darma, KPC Kadugede, KPC Ciawi, KPC Cidahu, KPC Luragung, KPC Jakasana, KPC Ciniru, KPC Cibingbin, KPC Lebakwangi, KPC Garawangi, KPC Ciwaru, KPC Cilimus, KPC Mandirancan, KPC Kramatmulya.
Penanya          : “Zaman sudah berganti dengan teknologi, apakah masih banyak orang yang menggunakan jasa kantor POS?”
Narasumber    : “Ya, masih banyak bahkan lebih banyak. Karena dahulu yang dilayani itu hanya bisa bergerak dibidang jasa, lintas berita, uang dan barang jasa. Tetapi sekarang ini kantor POS bisa melayani SOPP (Sistem Online Paiment Point) yaitu semacam angsuran motor seperti ADIRA, FIF, OTTO, BAF, dan lain-lain. Selain itu juga kalau dahulu itu untuk menabung menggunakan Tabanas (tabungan nasional). Tetapi sekarang menggunakan tabungan Batara (tabungan negara). Jadi dulu manual dan sekarang sudah e-batara, oleh sebab itu masih banyak orang yang menggunakan jasa kantor POS. Adik-adik disini bisa menabung di kantor POS juga
Penanya          : “Oh iya pak, pada saat moment apa saja kantor pos banyak dikunjungi orang-orang?”
Narasumber    : “Saat pembayaran pensiunan ataupun BLSM yang sekarang baru selesai dihadapi, kantor POS pasti dipenuhi dengan pelayanan.
Penanya          : “Barang apa saja yang bisa dikirim lewat kantor pos?”
Narasumber    : “Semua barang bisa, kecuali barang cair, barang pecah, barang mudah terbakar seperti korek api juga tidak boleh, barang yang terlarang dan binatang hidup.”
Penanya          : “Mengapa pengiriman hewan tidak diizinkan oleh pihak kantor POS?”
Narasumber    : “Karena membahayakan si hewan tersebut bisa saja mati diperjalanan, apalagi hewan berbisa ditakutkan akan membahayakan pengirim selain itu juga misalnya apabila ada yang mengirimkan burung cendrawasih pasti akan dianggap penyelundupan hewan karena hewan tersebut dilindungi pemerintah nanti malah pihak kami yang disalahkan.”
Penanya          : “Apakah ada keluhan dari para pengunjung/ pengguna jasa apabila barang telat datang?”
Narasumber    : “Pasti ada karena WTKP (waktu tempuh) yang sudah ditentukan, tetapi diupayakan kantor pos untuk bisa tepat waktu walaupun kadang-kadang ada kendala. Kantor pos juga sekarang untuk pengiriman uang bias dikirim dengan cepat menggunakan elektronik kecuali pengiriman barang. Dalam pengiriman uang ini satu menit pun jadi.
Penanya          : “Apa kendala atau penyebab dalam pengiriman barang tersebut?”
Narasumber    : “Diantaranya ban mobil atau ban motor bocor dan terjadinya longsor saat dalam perjalanan.”
Penanya          : “Pembayaran apa saja yang bisa dilakukan di kantor POS?”
Narasumber    : “Pembayaran listrik, PDAM, pembayaran cicilan motor atau mobil, memesan tiket pesawat dan kereta api juga bisa atau tiket PELNI (pelayaran niaga) dll.
Penanya          : “Kantor POS itu biasanya bekerja sama dengan apa saja misalnya seperti BLSM? Dan dengar-dengar bekerjasama dengan TKI juga, untuk itu bagaiman sistemnya?”
Narasumber    : “Yang jelas kantor POS Indonesia bekerjasama dengan pihak Bank ataupun Mitra Dagang (leasing). Untuk BLSM itu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Departemen Sosial. Untuk TKI sebenarnya bukan bekerjasama sama dengan kantor pos, tetapi disini pihak kantor POS hanya sebagai penyalur saja seperti uang dan barang bukan hanya TKI saja semua orang pun bisa.”
Penanya          : “Untuk dihari-hari besar, apakah masih banyak orang yang mengirimkan kartu ucapan via kantor POS?”
Narasumber    : “Tentu masih banyak yang mengirimkan kartu ucapan pada hari-hari besar seperti Idul Adha, Idul Fitri, Natal, dan lain sebagainya. Karena masih banyak dibutuhkan.
Penanya          : “Bagaimana sistem keuangan pendapatan kantor POS?”
Narasumber    : “Untuk sistem keuangan, uang akan berputar jadi untuk yang ke kantor POS pusatnya itu hanya berupa angka tetapi ada juga sebagian dikirim kesana, sehingga kantor pusatlah yang mengatur perputaran uang tersebut.”
Penanya          : “Bapak mulai bekerja dari pukul berapa sampai pukul berapa?”
Narasumber    : “Sebenarnya idealnya dalam satu hari itu 8 jam, tetapi saya bekerja tidak menentu, kadang sampai larut malam kalau memang pekerjaan itu belum selesai.”
Penanya          : “Bagaimana harapan bapak untuk jadi pegawai tetap kantor pos?”
Narasumber    : “Hanya untuk mensejahterakan keluarga saja.”
Penanya          : “Apa suka duka bapak pada saat menjalani pekerja tersebut?”
Narasumber    : “Banyak, sukanya bisa bekerja sama dengan rekan kerja atau teman, juga bisa menjalani kebersamaan dengan mereka. Dukanya saat pembayaran pensiunan kadang-kadang suka mengalami selisih tapi untuk bidang akuntansi nya meskipun ada selisih masih bisa diatasi, serta pulang itu selalu larut malam.”
Penanya          : “Terimakasih bapak atas waktu dan jawaban-jawaban dari pertanyaan kami, kurang lebihnya mohon maaf.”
Narasumber    : “Iya sama-sama. Mudah-mudahan jawaban bapak bisa menambah ilmu pengetahuan kalian meskipun tidak sepenuhnya.”
Penanya          : “Iya Amin pak. Behubung semua pertanyaan sudah kami berikan dan bapak sudah menjawabnya kami mohon untuk pamit pak.”
Narasumber    : “Oh iya silahkan, dan maaf pelayanan kami disini hanya seperti ini adanya.”
Penanya          : “Iya pak tidak apa-apa dan maaf kami telah merepotkan bapak juga.”
Narasumber    : “Tidak apa-apa.”
Penanya          : “Kami pamit dulu pak.
                        Assalamu’alaikumWr. Wb.”
Narasumber    : “Wa’alaikumsalamWr. Wb.”




Butuh alternatif ? Kantor POS saja !
            Apakah anda salah satu pengguna jasa kantor pos? Jika iya maka anda tahu bagaimana suasana dikantor pos itu. Dan apakah selama ini anda tahu sistem dikantor pos seperti apa? Mungkin selama ini anda belum tahu sistem yang sebenarnya berlaku di kantor POS. Ya, Banyak orang mengira bahwa pengguna jasa kantor POS saat ini sangat kurang sekali, untuk mengetahui kebenarannya pada tanggal 22 Oktober 2013 kami mewawancarai seorang pegawai kantor POS dibidang akuntansi yang bernama Bapak Tatang Tarsono.
            Menurutnya, kantor POS itu sendiri adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dibidang jasa kurir, lalu lintas berita berupa surat ataupun paket, uang dan barang yang berupa wesel maupun giro. Bapak Tatang sendiri sudah 24 tahun bekerja di Kantor POS dari tahun 1987 sampai sekarang ini.  
          Selama 24 tahun ini, Bapak Tatang sudah bekerja di beberapa kota yaitu di Sukabumi, Majalengka, dan Kuningan. Karena ini adalah tugas maka ditempatkan di kantor-kantor cabang dari kota tadi yang membuatnya sering berpindah-pindah. Semenjak tanggal 20 November 2010 sampai sekarang ini Bapak Tatang ditempatkan di Kantor POS Kuningan, sehingga baru sekitar 3 tahun bekerja di Kuningan. Dari kantor-kantor POS yang pernah disinggahinya tidak ada perbedaan bekerja di kantor POS manapun, semuanya dianggap sama.
          Di kantor POS terdapat bagian-bagian pekerjaan masing-masing seperti:
1.    Kepala Unit Ritel (Kepala Kantor POS)
2.    Plonleiner (pelayanan) yang tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik.
3.    Sporting (back office/kantor belakang) yang tugasnya sebagai pendukung.
4.    SDM tugasnya mengatur karyawan
5.    PKC yang tugasnya mengawasi kantor cabang, membuat laporan, membuat pembukuan, dan menyajikan data ke akutansi.
6.    Keuangan tugasnya mengatur keuangan.
7.    Operasional yaitu menjalankan operasi pelayanan.
8.    Akuntansi.
9.    Pengantar.
            Bapak Tatang bekerja di bagian akuntansi yang memiliki tugas yaitu sebenarnya hanya 2 tugas, sebagai berikut; membukukan semua transaksi yang terjadi atau yang ada dan mengendalikan anggaran. bagian akuntansi sebagai filter terakhir yang ditugaskan kepada seseorang yang memiliki skill atau kemampuan yang lebih dan menguasai di segala bidang. Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa bekerja dibagian akuntansi. Kantor pos kuningan memiliki banyak cabang seperti KPC subang, KPC salajambe, KPC darma, KPC kadugede, KPC ciawi,KPC cidahu, KPC luragung, KPC jakasana, KPC Ciniru, KPC cibingbin,KPC lebakwangi, KPC garawangi, KPC ciwaru, KPC cilimus, KPCmandirancan, KPC kramat mulya. Meskipun zaman sudah beganti tapi pengguna kantor pos tetap banyak bahkan semakin banyak karena sekarang kantor pos tidak hanya melayani pengiriman barang ata surat tapi juga sebagai tempat pembayaran listrik atau yang lainnya yang membuat para pengguna jasa semakin banyak. Pada moment seperti pembagian BLSM dan pensiunan kantor pos banyak dikunjungi dan pihak kantor pos memberikan pelayanan yang terbaik.

          Barang-barang yang bisa dikirim lewat kantor pos sebenarnya semua barang bisa, kecuali barang cair, barang pecah, barang mudah terbakar seperti korek api juga tidak boleh, barang yang terlarang dan binatang hidup, karena binatang hidup takut membahayakan si hewan tersebut apalagi hewan berbisa ditakutkan akan membahayakan pengirim selain itu juga misalnya apabila ada yang mengirimkan burung cendrawasih pasti akan dianggap penyelundupan hewan karena hewan tersebut dilindungi pemerintah. Selain itu biasanya keluhan dari para pengguna adalah telatnya barang dikirim karena adanya kendala seperti kebocoran ban, longsor dan sebagainya saat pengiriman yang menyebabkan pengiriman terlambat datang.
          Dengan berubahnya zaman pengguna kantor POS sekarang ini lebih banyak. Karena dahulu yang dilayani itu hanya bisa bergerak dibidang jasa, lintas berita, uang dan barang jasa. Tetapi sekarang ini kantor POS bisa melayani SOPP (Sistem Online Paiment Point) yaitu semacam angsuran motor seperti ADIRA, FIF, OTTO, BAF, dan lain-lain. Selain itu juga kalau dahulu itu untuk menabung menggunakan Tabanas (tabungan nasional). Tetapi sekarang menggunakan tabungan Batara (tabungan negara). Jadi dulu manual dan sekarang sudah e-batara, oleh sebab itu masih banyak orang yang menggunakan jasa kantor POS.
          Kantor POS ramai dikunjungi saat pembayaran pensiunan ataupun BLSM, dan ketika hari-hari besar untuk mengirimkan kartu ucapan. Kantor POS juga menyediakan beberapa pelayanan pembayaran seperti pembayaran listrik, PDAM, pembayaran cicilan motor atau mobil, memesan tiket pesawat dan kereta api atau tiket PELNI (pelayaran niaga) dll.
          Ada beberapa instansi yang bekerjasama dengan Kantor POS diantaranya dengan pihak Bank ataupun Mitra Dagang (leasing). Untuk BLSM itu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Departemen Sosial. Ada yang perlu diluruskan bahwa untuk TKI atau WNI sebenarnya bukan bekerjasama dengan kantor pos, tetapi disini pihak kantor POS hanya sebagai penyalur saja seperti uang dan barang.   
          Untuk sistem keuangan, kantor pusatlah yang mengaturnya. Kantor daerah hanya mengirimkan data berupa angka dan sebagaian uang ke kantor pusat, sedangkan beberapa uang lainnya disimpan di kantor POS daerah.
          Jadi, apakah anda tertarik untuk menggunakan layanan kantor POS ? ya, sepertinya memang kantor POS bisa menjadi alternatif untuk pembayaran, pembelian, dan pengiriman sesuai dengan ketentuan yang berlaku di kantor POS.

1 komentar: